Thursday, October 18, 2018

Contoh HASIL DAN PEMBAHASAN Strategi Pemasaran Agrowisata

Contoh HASIL DAN PEMBAHASAN Strategi Pemasaran Agrowisata

5.1. Bauran Pemasaran
5.1.1. Produk (Product)
Produk utama yang ada di Strawberry Highland adalah buah stroberi. Penambahan berbagai varietas buah stroberi terus dilakukan demi menemukan varietas yang paling cocok dibudidayakan dan memiliki hasil yang maksimal. Hingga kini, ada 3 varietas utama buah stroberi yang ada di Strawberry Highland, yakni:
Oso Grande
Berasal dari California, varietas ini merupakan varietas stroberi yang paling banyak dibudidayakan dikebun. Mendominasi sekitar 2/3 jumlah tanaman stroberi, buah yang dihasilkan varietas ini berukuran medium-besar. Pada musim panas, stroberi California akan memberikan hasil panen yang tinggi. Varietas ini juga merupakan varietas yang paling kebal dari serangan virus.

Gambar 1. Buah Stroberi Varietas California
Sweet Charlie
Varietas yang berasal dari Amerika Serikat ini belum lama dibudidayakan di Strawberry Highland. Buah yang dihasilkan berukuran hampir sama dengan varietas California namun lebih kecil.

Gambar 2. Buah Stroberi Varietas Sweet Charlie
Kalibret / Kelly Bright
Jenis stroberi Kalibret ini merupakan stroberi yang juga banyak ditanam di dunia. Namun di kebun Strawberry Highland sendiri, jumlah tanaman stroberi varietas ini masih relatif sedikit karena baru saja dibudidayakan. Pohonnya berukuran kecil, memiliki buah yang wangi, segar dan berukuran relatif kecil-medium.

Gambar 3. Buah Stroberi Varietas Kalibret
Selain buah stroberi, Strawberry Highland juga menyediakan benih tanaman stroberi dengan berbagai ukuran, yakni benih berukuran kecil dengan usia pembenihan sekitar 1-2 minggu, benih ukuran sedang dengan usia penanaman 3-4 minggu, dan ukuran besar dengan usia penanaman 4-6 minggu.
Bukan hanya tanaman dan buahnya, Strawberry Highland juga menyediakan jus stroberi segar yang bisa dinikmati setelah memetik buah. Jus stroberi ini juga banyak diminati oleh beberapa pengunjung yang tidak bisa masuk kedalam kebun ketika buah sedang sangat jarang, mereka lebih memilih untuk menikmati buah yang telah dipetik dan juga jus stroberi segar ini.
5.1.2. Harga (Price)
Buah stroberi yang dibandrol dengan harga Rp. 8.000/ons (petik sendiri) dan Rp. 10.000/ons jika telah dipetikkan dinilai menempati harga yang tidak murah namun tidak juga mahal pada musim yang tidak menentu dengan curah hujan yang masih relatif tinggi dibulan Januari-Februari ini. Rp. 10.000/ons merupakan harga wajar buah stroberi dipasaran.
Sedangkan untuk harga tiket masuk dinilai juga sebanding dengan fasilitas dan biaya usaha tani sehari-hari di kebun stroberi. Selain itu, tiket masuk taman kelinci juga sangat terjangkau, karena dengan Rp. 5.000 saja pengunjung sudah dapat bermain dengan kelinci-kelinci dan marmut berbagai jenis yang telah dirawat oleh Strawberry Highland. Jika tertarik memelihara, pengunjung juga dapat membeli anakan kelinci dengan harga yang memang relatif lebih mahal dari pasar yakni sebesar Rp. 45.000 – Rp. 50.000.
Untuk harga bibit usia 1-2 minggu yang dihargai Rp. 7.000 per polybag ukuran kecil dinilai wajar dan sesuai dengan harga di pasaran. Namun untuk bibit usia 3-4 minggu di dalam polybag berukuran sedang yang dihargai Rp. 25.000 dan juga bibit berusia 4-6 minggu ke atas di dalam pot berukuran sedang yang dihargai Rp. 45.000 dinilai relatif tinggi. Gambar bibit dapat dilihat pada gambar 12 dan 13 dalam lampiran 2. Untuk lebih rinci, daftar harga dapat dilihat pada tabel dibawah ini:
Tabel 3. Daftar harga produk di Strawberry Highland
PRODUK HARGA
Tiket Masuk
Kebun Stroberi
Taman Kelinci
Paket Masuk Kebun Stroberi + Jus Stroberi
Paket Masuk Kebun Stroberi + Jus Stroberi + Taman Kelinci
Rp. 7.000
Rp. 5.000
Rp. 15.000

Rp. 20.000
Buah Stroberi
Petik Sendiri
Dipetik oleh Petani
Rp. 8.000/ons
Rp. 10.000/ons
Jus Stroberi
Buah stroberi beku yang telah disediakan
Buah stroberi memilih sendiri

Rp. 10.000/cup

Rp. 13.000/cup
Bibit
Ukuran kecil
Ukuran sedang
Ukuran besar (pot)
Rp. 7.000
Rp. 25.000
Rp. 45.000
Anak Kelinci
Ras biasa
Ras bulu lebat
Rp. 45.000
Rp. 50.000
Sumber: data primer diolah (2018)
5.1.3. Tempat (Place)
Strawberry Highland berlokasi di Jl. Paralayang, terletak pada jalur utama menuju wisata Paralayang, wilayah Strawberry Highland strategis untuk menarik minat pengunjung. Sehingga dengan tingginya mobilitas wisatawan, maka tidak menutup kemungkinan Strawberry Highland menjadi salah satu daya tarik.
Tempat yang strategis ini juga didukung oleh beberapa papan pengarah jalan yang menunjukan arah dimana letak kebun Strawberry Highland berada. Tepat 50 meter sebelum sampai di kebun, terdapat papan penunjuk jalan yang menunjukkan bahwa letak kebun dapat dijangkau 50 meter lagi. Seperti yang terlihat pada gambar dibawah ini, hal ini tentu sangat memudahkan bagi para pengunjung untuk menuju kebun Strawberry Highland.

Seperti yang terlihat pada gambar 5 dibawah merupakan daya tarik lain yang dimiliki oleh Strawberry Highland yaitu adanya rest area yang menyediakan banyak kedai-kedai makanan dan minuman. Selain itu, beberapa mini gazebo juga tersedia sebagai fasilitas bagi pengunjung untuk sekedar beristirahat dan menikmati pemandangan alam sekitar. Area parkir pun tergolong luas dan terjaga oleh petugas, sehingga pengunjung yang datang berrombongan tidak perlu khawatir dengan kendaraannya. Gambar selengkapnya mengenai tempat dan fasilitas dapat dilihat pada gambar-gambar yang dalam lampiran 1.

5.1.4. Promosi (Promotion)
Promosi yang dilakukan saat ini adalah dengan media sosial, yaitu:
1. Aplikasi Instagram. Dalam Instagram, segala aktivitas dan kondisi kebun Strawberry Highland akan di bagikan dan dapat di akses oleh seluruh pengguna Instagram dari seluruh penjuru dunia. Yang satu ini tentu merupakan alat promosi yang praktis, mudah, dan murah. Karena hanya berbekal keterampilan memotret setiap sudut kebun dan juga kelihaian membuat keterangan foto yang menggugah minat calon pengunjung, dengan satu sentuhan klik dilayar ponsel, maka foto bisa terunggah kea kun Instagram dan dapat di akses oleh siapapun.
2. Fitur Google Maps. Merupakan peta elektronik yang dapat mengakses berbagai tempat yang telah terdaftar di seluruh penjuru dunia. Dengan mendaftarkan Strawberry Highland ke dalam fitur Google Maps, maka pengunjung akan lebih diberi kemudahan yang berlipat-lipat untuk mencapai kebun Strawberry Highland ini. Selain menjadi petunjuk arah, Google Maps juga menyediakan fitur QnA (Question and Answer) yang berguna untuk mengajukan berbagai pertanyaan terkait kebun Strawberry Highland, mulai dari jam operasional, tarif wisata, paket wisata, kondisi kebun, dan juga harga buah stroberi petik yang nantinya akan dijawab oleh staf atau karyawan yang aktif di media sosial.
3. Kerjasama denga pihak tour and travel. Kerjasama promosi yang dilakukan adalah dengan cara menawarkan kepada calon pengguna jasa untuk berkunjung ke kebun Strawberry Highland. Dengan begitu, maka  beberapa calon pengguna jasa travel juga akan mengetahui tentang kebun Strawberry Highland ini.


5.2. Strategi Pemasaran
Strawberry Highland Pujon menerapkan beberapa strategi yakni:
5.2.1. Kerjasama
5.2.1.1. Tour and Travel
Banyaknya jasa tour and travel yang belakangan tahun ini berkembang menjadi salah satu sasaran dalam strategi pemasaran di Strawberry Highland. Beberapa orang memilih untuk menggunakan jasa tour and travel untuk berwisata dikarenakan kemudahan dan fasilitas yang ditawarkan.
Tidak jarang, sekolah-sekolah atau instansi yang hendak melakukan perjalanan wisata juga menggunakan jasa ini. Salah satu sekolah yang telah berkunjung adalah SD Al-Irsyad Jember. Maka dari itu, Strawberry Highland mengadakan kerjasama dengan beberapa pihak tour and travel dalam meraih pengunjung. Beberapa tour and travel yang bekerjasama dengan Strawberry Highland antara lain batu cycling, senapati, dan azzahra travel.
Setiap travel yang berkunjung ke Strawberry Highland akan mendapatkan komisi sebesar 10-15% dari keseluruhan transaksi yang telah dilakukan pengunjung yang dibawanya. Dengan ini, baik pihak travel ataupun pihak Strawberry Highland akan sama-sama mendapatkan keuntungan.


5.2.1.2. Petani Stroberi
Salah satu strategi lainnya adalah dengan menjalin kerjasama dengan petani stroberi lokal daerah Pujon. Karena ketersediaan buah yang ada dikebun biasanya tidak mencukupi untuk dipetik oleh semua pengunjung, Strawberry Highland menjalin kerjasama dengan petani stroberi untuk membeli buah stroberi yang dipanennya paling tidak sekali dalam seminggu.
Selain menjalin kerjasama dengan para petani lokal, Strawberry Highland juga menjalin kerjasama dengan sebuah perkebunan stroberi di Ciwidey Bandung. Buah stroberi dari Ciwidey merupakan varietas Kalibret, buahnya cenderung berukuran medium-besar, rasanya manis-asam, dan kandungan airnya sangat sedikit sehingga tahan lebih lama dalam suhu ruangan (sekitar 3-5 hari). Setiap minggunya, yakni pada hari Jum’at, pihak kebun stroberi Ciwidey akan mengirimkan sekitar 4kg stroberi masak yang siap jual.
Pihak Strawberry Highland meminta pengiriman pada hari Jum’at dikarenakan setiap hari Sabtu dan Minggu jumlah pengunjung cenderung lebih banyak. Oleh karena itu, persediaan stroberi juga harus mencukupi untuk dijual.
Harga stroberi perkilonya dibandrol dengan harga Rp. 50.000 – Rp. 65.000 tergantung kondisi panen buah, baik dari pihak petani stroberi lokal daerah Pujon maupun petani dari Ciwidey. Hasil panen dari petani lokal kemudian akan disortir menurut kualitas buah, proses penyortiran dapat dilihat pada gambar 10 dalam lampiran 2. Dengan ini, Strawberry Highland akan terus mendapatkan pemasukan dan keuntungan meskipun buah stroberi masak didalam kebun telah habis. Pengunjung yang tidak berkenan untuk masuk ke kebun akan lebih memilih untuk membeli buah stroberi atau jus stroberi saja.
Selain disediakan untuk dijual pada loket masuk, stroberi hasil panen petani ini sebagian disisihkan untuk menjadi bonus di pintu keluar nanti. Jadi, jus yang tadinya disediakan dalam gelas berukuran sedang akan di ganti dengan jus dalam gelas yang lebih kecil namun ditambah dengan satu mika kecil stroberi (½ ons).
Strategi ini dinilai cukup menarik minat pengunjung untuk tetap masuk kedalam kebun, meskipun buah stroberi masak yang ada sangatlah jarang. Pengunjung akan tertarik dengan bonus satu mika stoberi dan jus stroberi. Karena meskipun mereka tidak akan mendapatkan hasil yang memuaskan dengan petikan tangan sendiri, mereka akan tetap dapat menikmati buah stroberi yang telah disediakan.
5.2.2. Promosi Online
Intagram adalah salah satu media promosi yang digunakan oleh Strawberry Highland, dengan menggunakan nama akun yakni @strawberryhighlandpujon_ seluruh kondisi dan potret yang ada di dalam Strawberry Highland dapat diunggah dan dibagikan. Berikut adalah cara untuk mengakses akun Instagram Strawberry Highland:

Gambar 6. Alur pencarian akun Instagram Strawberry Highland
1. Langkah pertama, buka aplikasi Instagram.
2. Kemudian klik menu pencarian dibagian bawah, ketikkan nama akun @strawberryhighlandpujon_ kemudian klik akun yang muncul.
3. Dengan begitu calon pengunjung dapat mengakses seluruh gambar yang ada di akun tersebut.
Didalam Instagram juga disediakan fitur komentar dan pesan pribadi sehingga memudahkan masyarakat untuk meghubungi secara langsung pihak pengelola Strawberry Highland untuk bertanya lebih lanjut.

5.2.3. Paket Wisata
Salah satu kelebihan Strawberry Highland adalah agrowisata yang menawarkan sensasi memetik buah stroberi dengan tangan sendiri yang notabene sangat jarang ditemui diantara agrowisata-agrowisata di daerah Pujon dan Kota Batu, karena kebanyakan agrowisata petik buah yang ada adalah petik buah apel dan jeruk.
Di Strawberry Highland pengunjung akan ditawarkan tidak hanya untuk memetik buah stroberi saja, namun dengan paket seharga Rp. 15.000 pengunjung akan disuguhkan satu gelas jus stroberi berukuran sedang seharga Rp. 10.000 secara cuma-cuma di pintu keluar.
Tidak hanya itu, dengan paket wisata seharga Rp. 20.000 pengunjung sudah dapat menikmati sensasi memetik buah stroberi, satu gelas jus stroberi berukuran sedang, dan masuk ke taman kelinci.
Namun jika persediaan stroberi sedang melimpah, maka satu gelas jus stroberi berukuran sedang akan ditukar dengan satu gelas jus stroberi berukuran kecil dan ditambah dengan ½ ons buah stroberi segar.
Hal ini tentu menjadi nilai tambah yang akan sangat menarik minat pengunjung, karena setelah mendapatkan buah stroberi hasil petikan tangan sendiri, nantinya pengunjung akan di suguhkan dengan jus stroberi dan buah stroberi tambahan usai bertualang di kebun. Juga dengan lebih memilih membeli paket pengunjung akan lebih hemat sebesar Rp. 2.000 per paketnya. Selengkapnya dapat dilihat pada tabel 4.

Tabel 4. Paket Wisata Strawberry Highland
NO. Rincian Produk HARGA NORMAL HARGA PAKET
1. Tiket masuk kebun stroberi + jus stroberi Rp. 17. 000 Rp. 15.000
2. Tiket masuk kebun stroberi + jus stroberi + taman kelinci Rp. 22.000 Rp. 20.000
3. Tiket masuk kebun stroberi + jus stroberi gelas kecil + stroberi setengah ons Rp. 17.000 Rp. 15.000
4. Tiket masuk kebun stroberi + jus stroberi gelas kecil + stroberi setengah ons + taman kelinci Rp. 22.000 Rp. 15.000
Sumber: data primer diolah (2018)
5.3. Faktor Internal
Salah satu faktor internal yang menjadi peluang bagi Strawberry Highland adalah lahan kebun yang berukuran cukup luas yang belum dimiliki oleh petani lain. Selain itu, lahan tersebut adalah lahan milik sendiri sehingga lebih mudah dalam pengelolaan. Hal lain yang menjadi kekuatan Strawberry Highland adalah varietas buah stroberi yang beragam dan juga adanya taman kelinci sebagai fasilitas penunjang yang akan menambah daya tarik pengunjung.
Disisi lain, ada beberapa hal dari internal kebun yang justru menjadi ancaman dan kendala. Kualitas tanaman dan media tanam yang kian menurun akan berdampak pada hasil panen yang menurun pula baik dari segi kuantitas dan kualitas. Segala hal yang menjadi kendala ini terus menjadi perhatian tersendiri bagi Strawberry Highland untuk segera diatasi dengan mencari solusi-solusi terbaik demi kenyamanan dan kepuasan pengunjung.

5.4. Faktor Eksternal
Meskipun agrowisata di daerah Pujon dan Kota Batu terhitung banyak, namun agrowisata buah stroberi masih sangat jarang dan diketahui hanya satu dan itupun berada di Kota Batu. Hal ini menjadi peluang tersendiri bagi Bapak Handoko dan Ibu Merina untuk mendirikan dan mengembangkan agrowisata stroberi ini. Sedangkan yang menjadi kekuatan adalah letak kebun yang sangat strategis jika dibandingkan dengan agrowisata petik stroberi lain.
Namun hingga saat ini, kendala terbesar dalam usaha perkebunan Strawberry Highland adalah cuaca. Pada musim panas, kebutuhan tanaman dan buah stroberi akan sinar matahari akan terpenuhi dengan baik. Dengan sinar matahari yang cukup, tanaman akan lebih cepat berbunga dan buah pun akan lebih cepat masak. Sangat berbeda dengan cuaca ketika musim penghujan datang. Selain kebutuhan sinar matahari yang tidak tercukupi dengan baik, curah hujan yang tinggi juga menjadi salah satu faktor yang menyebabkan buah mudah rusak karena tingkat kelembaban yang sangat tinggi. Musim penghujan juga menyebabkan omset perkebunan otomatis mengalami penurunan drastis. Omset yang seharusnya mencapai kurang lebih sekitar Rp. 40.000.000 per bulannya pada musim panas, akan menurun hingga 70% di musim penghujan. Kendala ini telah banyak teratasi dengan dibangunnya atap green house sehingga ketika curah hujan tinggi, tanaman stroberi tidak akan banyak yang mengalami kerusakan.


5.5. Rencana Pengembangan Kedepan
5.5.1. Penataan dan Penyusunan Lahan
Menurut Ibu Merina, perbaikan tata letak lahan perlu dilakukan, selain untuk memudahkan pengunjung dalam mengeksplorasi kebun, hal ini juga perlu untuk menambah kuantitas stroberi yang masih cukup ruang di dalam lahan. Penambahan kuantitas tanaman stroberi bisa dilakukan jika penyusunan tempat dapat dilakukan seefisien mungkin.
5.5.2. Penambahan Varietas dan Perbaikan Kualitas Tanah
Sejak berdirinya Strawberry Highland pada tahun 2016 hingga kini, tanah yang menjadi media tanam belum mengalami pergantian. Hanya dilakukan pemupukan secara berkala dan hal ini tetap saja menyebabkan degradasi kualitas tanah yang akhirnya berdampak pada kualitas buah.
Akhir-akhir ini, ahli tanah daerah Pujon meneliti kandungan tanah yang telah memiliki kadar asam yang tinggi sehingga harus segera dilakukan proses perbaikan media tanah.
Strawberry Highland juga mulai menguji coba tanaman stroberi varietas Oso Grande yang ditanam pada media serbuk gergaji. Beberapa tanaman menunjukkan hasil yang bagus. Daun lebih lebat, terlihat lebih segar, dan cepat berbuah. Percobaan akan dilakukan lebih banyak lagi dengan media tanam serbuk gergaji ini. Jika menunjukkan hasil yang bagus secara berkepanjangan, besar kemungkinan Strawberry Highland akan menerapkan media serbuk gergaji secara menyeluruh.
Selain memperbaiki kualitas media tanam, Strawberry Highland juga hendak menambah beberapa varietas yang belum pernah ditanam di perkebunan. Demi mendapatkankan hasil panen terbaik dan juga meningkatkan kepuasan pengunjung.
5.5.3. Penunjang Edukasi
Rencana pengembangan kedepan lainnya adalah diadakannya penunjang edukasi di perkebunan. Selain menjadi tempat untuk berwisata dan memetik buah stroberi, Strawberry Highland juga berencana untuk mengadakan beberapa pelatihan pembibitan, penanaman dan bagaimana teknik perawatan stroberi yang baik dan benar. Pemasangan banner tentang buah stroberi juga akan dilakukan kedepannya.
Dengan hal ini, pengunjung tidak hanya akan mendapatkan pengalaman dalam memetik buah stroberi dengan tangan sendiri, namun juga memperoleh berbagai ilmu dan pengetahuan setelahnya.
5.5.4. Pengadaan Guide atau Pemandu Wisata
Berkaitan dengan rencana pengembangan penunjang edukasi, pengadaan pemandu wisata ini juga ditujukan untuk memberi banyak informasi kepada pengunjung tentang buah stroberi dan apapun yang berkaitan dengan Strawberry Highland.
Namun ada beberapa tipe pengunjung yang tidak bersedia diikuti ataupun dipandu dalam berjelajah. Disisi lain, ada pengunjung yang memiliki rasa keingintahuan yang sangat kuat sehingga akan dengan senang hati dipandu. Pemandu biasanya diminta mendampingi jika pengunjung datang secara rombongan dan dalam jumlah banyak.

www.ayeey.com www.resepkuekeringku.com www.desainrumahnya.com www.yayasanbabysitterku.com www.luvne.com www.cicicookies.com www.tipscantiknya.com www.mbepp.com www.kumpulanrumusnya.com www.trikcantik.net

0 komentar:

Post a Comment