Wednesday, October 18, 2017

Sekilas tentang IKBAS Malang

SEJARAH BERDIRINYA IKBAS
1.      Berawal dari sebuah kerinduan
Saling mengenal satu sama lain sebagai saudara dari ranah yang sama merupakan sebuah kerinduan setiap manusia sebagai mahkluk sosial yang bermasyarakat, yang memiliki relasi satu dengan yang lainnya. Kerinduan ini tentu juga dimiliki oleh kita putra/i yang merasa berasal dari daerah yang sama, yakni Kalimantan. Berawal dari kerinduan ini, dan tentu saja berangkat dari kesadaran bahwa sebagai putra atau putrii asal Kalimantan yang ada di Malang, kita para pendahulu kita perlu bahkan harus saling mengenal dan akrab satu sama lain. Maka, sekitar tahun 1980 mahasiswa/mahasiswi yang berasal dari Kalimantan yang dari tahun-tahun sebelumnya juga sudah studi di kota Malang mengadakan perkumpulan seperti Paguyuban. Namun paguyuban yang ada hanya terbatas pada daerah-daerah tertentu saja; artinya tidak untuk mahasiswa atau mahasiswi Kalimantan secara menyeluruh.
Melihat adanya paguyuban-paguyuban per-daerah ini, dan tentu saja dengan adanya peningkatan jumlah mahasiswa atau mahasiswi asal Kalimantan di Malang setiap tahunnya, maka muncul ide untuk membentuk perkumpulan persaudaraan ini secara lebih besar. Maka terbentuklah PERGAMAK (Persatuan Keluarga Mahasiswa atau mahasiswi Katolik Kalimantan) pada tahun 1997.

2.      Terbentuknya IKKARSAS
Dalam perjalanan waktu, anggota PERGAMAK semakin bertambah. Oleh karena itu, para pengurus melalui rapat-rapatnya mengusulkan agar paguyuban per-daerah itu dibentuk lagi, dengan catatan bahwa paguyuban itu harus di bawah naungan PERGAMAK. Akhirnya, hasil dari rapat itu disepakati bahwa setiap Kabupaten yang ada di Kalimantan harus membentuk paguyuban sebagai sel-sel dari PERGAMAK.
Menanggapi keputusan itu, teman-teman dari Sanggau-Sekadau mengadakan pertemuan pertama kalinya, yaitu pada tanggal 31 Oktober 2004, di Seminari Tinggi Beato Giovanni XXIII; Jl. Bendungan Sigura-gura Barat No. 2 Malang. Dalam pertemuan tersebut mereka membicarakan perkumpulan apa yang akan segera dibentuk untuk region Sanggau-Sekadau. Dari hasil rapat tersebut, terbentuklah sebuah perkumpulan khusus untuk daerah Sanggau-Sekadau yang diberi nama IKARSAS (Ikatan Keluarga Regio Sanggau Sekadau).
Awalnya nama IKARSAS itu terdiri dari dua K-nya yaitu IKKARSAS, yang berarti Ikatan Keluarga Katolik Regio Sanggau Sekadau. Namun, mengingat bahwa yang bergabung dalam perkumpulan ini tidak hanya teman-teman yang berasal dari Sanggau Sekadau saja atau karena IKARSAS sendiri tidak mau menjadi perkumpulan yang eklusif (tertutup) hanya bagi yang Katolik saja, maka nama perkumpulan ini yang awalnya IKKARSAS dengan dua K-nya (Ikatan Keluarga Katolik Regio Sanggau Sekadau) menjadi IKARSAS (Ikatan Keluarga Regio Sanggau Sekadau).
IKARSAS resmi berdiri pada tanggal 30 November 2004, secretariat, Seminari Tinggi Beato Giovanni XXIII: Jl. Bendungan Sigura-gura Barat No. 2  Malang.

IKARSAS mengusung Visi “MENINGKATKAN RASA KEKELUARGAAN DAN PERSAUDARAAN SESAMA MAHASISWA/I PERANTAU”[1] IKARSAS juga mempunyai tiga sasaran utama, yang boleh dikatakan sebagai misi dari “IKARSAS, yaitu “MENINGKATKAN INTELLEGENSI, KEHIDUPAN ROHANI, DAN RASA KEKELUARGAAN”.[2]
Anggota IKARSAS pertama kalinya berjumlah 40 orang yang berasal dari berbagai kampus yang ada di kota Malang, seperti Institut Pastoral Indonesia (IPI), Sekolah Tinggi Filsafat Teologi (STFT), Universitas Widya Karya (WK), Akademi Keperawatan, Sekolah Kursus Guru TKK dan Insitut Teknologi Negri (ITN). Dan yang telah bergabung saat ini adalah Universitas Kanjuruhan, Universitas Tribhuawana Tunggadewi (UNITRI),Universitas Merdeka Malang (UNMER),Politeknik Negeri Malang(POLINEMA)dan Insitut Keguruan & Ilmu Pendidikan(IKIP)
IKARSAS juga memiliki ADRT (Anggaran Dasar Rumah Tangga) setiap bulan, yang wajib dibayar oleh semua anggota IKARSAS. ADRT ini digunakan untuk keperluan administrasi dan pertemuan semua anggota. Sedangkan untuk kegiatan lain, seperti Camping, Natal Bersama dan Tahun Baru, setiap anggota wajib membayar iuran sesuai dengan kesepakatan bersama.
3.      Ulasan tentang PERGAMAK dan berdirinya IKBAS
Untuk mempersatukan perkumpulan-perkumpulan Kalimantan yang ada di Malang (seperti yang sudah disinggung di atas) maka terbentuklah perkumpulan persaudaraan yang lebih besar dengan nama PERGAMAK (Persatuan Keluarga Mahasiswa atau Mahasiswi Katolik Kalimantan) pada tahun 1997. Namun akibat dari banyaknya anggota PERGAMAK itu, maka berdasarkan hasil rapat, ditentukan bahwa setiap perkumpulan daerah-daerah itu dibentuk lagi.
Rupanya dengan terbentuknya kembali perkumpulan-perkumpulan daerah berdasarkan Kabupaten ini membawa perpecahan dalam tubuh PERGAMAK itu sendiri, karena masing-masing perkumpulan per-Kabupaten ini, ada semacam persaingan. Perpecahan yang mengakibatkan PERGAMAK ini hilang tak berbekas, tidak terlepas dari sistem kepengurusan PERGAMAK yang tidak terorganisir dengan baik.
Dengan banyaknya lahir perkumpulan daerah bedasakan kabupaten sedikit demi sedikit perpecahan,nah dari perpecahan itulah berdirinya IKBAS(ikatan keluarga besar anak sanggau) mengingat Mahasiswa Asal Kabupaten Sanggau yang berada di Malang Semakin meningkat dengan adanya program Pemerintah Daerah Kabupaten Sanggau di Malang bekerja sama dengan Universitas Tribhuawana Tunggadewi untuk meningkatkan taraf pendidikan atau IPM di Kabupaten Sanggau.


www.ayeey.com www.resepkuekeringku.com www.desainrumahnya.com www.yayasanbabysitterku.com www.luvne.com www.cicicookies.com www.tipscantiknya.com www.mbepp.com www.kumpulanrumusnya.com www.trikcantik.net

0 komentar:

Post a Comment