1.1 Latar Belakang
Dalam
suatu pemasaran banyak sekali bentuk dan macam-macam aneka ragam makanan dari
yang kecil hingga yang besar dan dari yang murah hingga sampai yang mahal.
Untuk kebutuhan sehari-hari banyak sekali aktivitas yang dijalani oleh setiap
orang. Dengan aktivitas yang semakin padat, membuat banyak orang membutuhkan
asupan makanan tambahan yang bermanfaat untuk aktivitas sehari hari.
Salah
satu makanan tradisional yang cukup sederhana, tetapi sangat cocok menjadi
makanan atau snack konsumsi untuk hari hari santai dan liburan, dan sekaligus
merupakan makanan yang juga cukup adalah “kripik singkong pedas” Pembuatan
makanan terbaru yang khas berasal dari Indonesia yaitu di Lombok ini dilakukan
dengan cara yang sangat sederhana, tetapi lebih higienis, serta akan dijual
dengan harga yang sangat terjangkau, maka tentunya hal ini akan menarik minat
masyarakat untuk membelinya.
Keberadaan Kripik
Singkong Pedas sebagai salah satu makanan tradisonal khas Indonesia memiliki
rasa yang enak, nikmat, pedas dan gurih, mengandung protein dan juga lezat
memang baru-baru ini muncul, untuk itu, akan di kembangkan dan di promosikan ke
masyarakat, sehingga usaha ini memang layak dikembangkan menjadi salah satu
usaha kuliner alternatif di Indonesia.
Dengan meihat potensi
atau kelebihan seperti hal tersebut di atas, maka saya ingin membuat usaha
makanan, yaitu usaha makanan “KRIPIK SINGKONG PEDAS”
1.2 Misi
- Membuat kripik
singkong pedas yang memiliki rasa yang begitu enak dan bergizi
- Memasarkan kripik
singkong pedas di pasaran dunia
- Mendirikan
usaha wisata kuliner makanan khas Indonesia
1.3 Manfaat pembuatan
proposal
- Mencoba kreasi baru
seperti cemilan yang bergizi
2.1. Analisa Peluang Usaha
Setiap kegiatan untuk memulai usaha, maka hal yang
harus dilakukan terlebih dahulu adalah mengukur kemampuan terhadap lingkungan
atau pesaing, yaitu melalui analisis SWOT:
1. Strenght (Kekuatan)
Kekuatan dari produk ini adalah:
- Menjual produk untuk semua kalangan masyarakat
- Bahan produk yang terjamin dan higienis.
1. Strenght (Kekuatan)
Kekuatan dari produk ini adalah:
- Menjual produk untuk semua kalangan masyarakat
- Bahan produk yang terjamin dan higienis.
2. Weakness (Kelemahan)
Kelemahan dari produk ini adalah:
- Produknya mudah ditiru dan banyak dipasaran
Kelemahan dari produk ini adalah:
- Produknya mudah ditiru dan banyak dipasaran
- Tidak tahan lama
3. Threath (Ancaman)
- Adanya pesaing yang menjual produk dengan harga yang lebih murah
3. Threath (Ancaman)
- Adanya pesaing yang menjual produk dengan harga yang lebih murah
2.2 Marketing Mix
1. Product (Produk)
Produk yang dijual adalah “ Kripik singkong pedas ” yang merupakan makanan atau snack sehari-hari.
Produk yang dijual adalah “ Kripik singkong pedas ” yang merupakan makanan atau snack sehari-hari.
2. Price (Harga)
Harga perbungkus Rp 5.000 karena harga ini sangat terjangkau dan relatif murah
Harga perbungkus Rp 5.000 karena harga ini sangat terjangkau dan relatif murah
3. Promotion (Promosi)
Dalam melakukan promosi produk ini dengan menyebarkan brosur kepada masyarakat dan dilakukan masa promosi pada setiap pembelian 1 paket dengan isi 50 bungkus akan memberikan diskon 10% dari harga tersebut.
Dalam melakukan promosi produk ini dengan menyebarkan brosur kepada masyarakat dan dilakukan masa promosi pada setiap pembelian 1 paket dengan isi 50 bungkus akan memberikan diskon 10% dari harga tersebut.
5. Place (Tempat)
Tempat yang dipilih yaitu Tangerang , tepatnya dihalaman rumah
Tempat yang dipilih yaitu Tangerang , tepatnya dihalaman rumah
2.3 Bahan dan Alat Produksi
Untuk membuat Kripik pedas singkong dengan
nanas, bahan-bahan dan alat yang diperlukan dan digunakan seperti berikut :
Bahan:
* Singkong 5 kg
* Singkong 5 kg
* Cabe Merah 1 kg
* Cabe Rawit ½ kg
* Bawang Merah 1kg
* Bawang Putih 2 kg
* Masako secukupnya
* Minyak Goreng 2 kg
* Garam secukupnya
* Terasi Udang secukupnya
* Cabe Rawit ½ kg
* Bawang Merah 1kg
* Bawang Putih 2 kg
* Masako secukupnya
* Minyak Goreng 2 kg
* Garam secukupnya
* Terasi Udang secukupnya
Alat
* Pisau
* Wajan
* Kompor Gas
* Parutan Keju
* Dll
Cara pembuatan
* Kupas singkong
* Bersihkan singkong
yang telah dikupas,
* Potong singkong
kecil – kecil memanjang dengan parutan keju,
* Setelah itu, goreng semua
singkong yang telah dibentuk,
* Pada saat menggoreng
usahakan jangan sampai singkongnya menyatu,
* Setelah semuanya
digoreng,siapkan semua bumbu yang telah disediakan dan jangan
lupa semua bumbu yang telah disediakan itu harus sudah
lembut/dihaluskan
* Dan semua bumbu itu
digoreng
* Setelah bumbunya
siap masukkan singkong yang sudah digoreng, aduk hingga merata
* Makanan “Kripik
singkong pedas” siap disjikan
* dengan berat bersis
45g per bungkus.
2.4 Perhitungan Modal dan Harga Jual
1. Modal
: Rp. 600.000
1. Singkong 5 kg Rp. 70.000
1. Singkong 5 kg Rp. 70.000
2. Cabe Merah 1
kg Rp. 60.000
3. Cabe Rawit ½ kg Rp. 30.000
4. Bawang Merah 1 kg Rp. 50.000
3. Cabe Rawit ½ kg Rp. 30.000
4. Bawang Merah 1 kg Rp. 50.000
5. Bawang Putih 2
kg Rp.
78.000
6.
Garam Rp. 10.000
7.
Masako Rp. 5.000
8. Minyak Goreng 2 kg Rp. 50.000
8. Minyak Goreng 2 kg Rp. 50.000
9.
Terasi Rp.
5.000
Rp. 358.000
- Alat
Penggorengan , kompor gas dan penggorengan punya sendiri tanpa dibeli
- Alat
Penggorengan , kompor gas dan penggorengan punya sendiri tanpa dibeli
- Bahan baku tambahan (gas) Rp.
60.000
Bahan baku + Bahan baku tambahan =
Rp 358.000 + Rp 60.000
= Rp. 418.000
A. Harga Jual
Harga Jual: Rp 5.000 x 50 Bungkus = Rp. 250.000
Harga Pokok Produk per unit:
Harga beli bahan baku Rp. 3.000
Harga Jual: Rp 5.000 x 50 Bungkus = Rp. 250.000
Harga Pokok Produk per unit:
Harga beli bahan baku Rp. 3.000
Harga beli bahan tambahan Rp.500
Rp 3.500
Rp 3.500
Jumlah
Hpp: Rp 3.500
x 50 bungkus = Rp 175.000
B. Perhitungan Rugi Laba
B. Perhitungan Rugi Laba
Pendapatan dari
penjualan Rp. 250.000
Harga Pokok
Penjualan Rp. 175.000
Laba
Kotor Rp. 75.000
3.1 Kesimpulan
Kesimpulan bahwa agar
produk yang kita pasarkan dapat diterima oleh semua kalangan, baik dalam negeri
maupun luar negeri maka kita harus :
- Membuat produk yang bermanfaat,
berkualitas dan laku dijual dengan harga bersaing;
- Membuat produk lebih cepat dan lebih murah;
- Memilih dan menentukan wilayah pemasaran yang menguntungkan.
- Membuat produk lebih cepat dan lebih murah;
- Memilih dan menentukan wilayah pemasaran yang menguntungkan.
3.2 Saran
Dapat
memberikan tentang bidang usaha yang nanti akan memberi jaminan sukses dalam
penjualannya atau peluang usaha yang ditekuni sebagai usaha sampingan dan juga
memberikan kita pembelajaran untuk berwirausaha
3.3 Penutup
Demikian proposal usaha ini saya buat untuk memenuhi tugas kuliah. Semoga
langkah ini memberikan pengalaman baru dan bermanfaat untuk semua orang. Semoga
Tuhan Yang Maha Esa memberikan berkat dan rahmatnya
Daftar Isi
https://ardiyansyah.com/2016/09/cara-membuat-daftar-isi-otomatis-di-word.html
0 komentar:
Post a Comment